CHEK LIST BELAJAR
Chek list untuk membantu siswa dalam belajar biologi guna menghadapi ujian nasional tingkat SMA, tujuan dari chek list ini agar belajar lebih terprogram dan terarah sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.
Materi Belajar
|
Terlaksana
|
|||
Ya
|
Tidak
|
Tanggal
|
Persentase
|
|
1.
Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi
A.
Cabang ilmu : objek dan permasalahan
B.
Objek biologi (monera-animalia) – Tingkat organisasi kehidupan
C.
Pengelompokkan ilmu biologi
2..
Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
A.
Ciri kelas protozoa
B.
Ciri kelas Algae
C.
Ciri kelas Fungi
3.
Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/
Eubacteria bagi kehidupan manusia.
A.
Penyakit-penyakit akibat virus
B.
Penyakit-penyakit akibat bakteri
C.
Peran menguntungkan bakteri
4.
Menentukan dasar pengelompokan
mahluk hidup
A.
Aturan penulisan spesies
B.
Dasar klasifikasi pada tingkat kingdom/phylum/kelas
C.
Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik
5.
Menentukan dasar pengelompokan
mahluk hidup
A.
Jenis/cara pelestarian dan tujuan
B.
Hub. Pelestarian-plasma nutfah
C.
Hub. Pelestarian – keseimbangan alam
6.
Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A.
Ciri filum invertebrate
B.
Diketahui filum – ciri kelasnya
C.
Contoh – filum/kelas
7.
Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A.
Siklus hidup invertebrata
B.
Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes,
annelida)
C.
Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)
8.
Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan
A. Ciri-ciri kelas vertebrata B. Ciri-ciri paku-lumut C. Ciri-ciri spermathophyta
9.
Menganalisis hubungan antar komponen
ekosistem
A.
Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi) dll
B.
Bioma
C.
Rantai makanan/jarring-jaring makanan
10. Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
A.
Siklus (nitrogen, karbon/oksigen, phosphor, sulfur)
B.
Piramida ekologi
C.
Karakteristik aliran energy
11.
Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia
dengan masalah perubahan/pencemaran
lingkungan .
A.
Pencemaran lingkungan (CFC, hujan asam, efek rumah kaca)
B.
Eutrofikasi
C.
Dampak perubahan lingkungan
12. Menjelaskan
struktur sel/komponen kimiawi
sel/ proses terjadi pada sel.
A.
Komponen Membran sel
B.
Proses transport melalui membran
C.
Komponen protoplasma
13.
Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
A.
Karakteristik organela – fungsi
B.
Gambar organela-fungsi
C.
Beda sel hewan dan tumbuhan
14.
Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan
sesuai fungsinya.
A.
Jaringan hewan dengan perannya
B.
Jaringan tumbuhan dengan perannya
C.
Organ dengan melihat jaringan penyusunnya
15. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
A.
Gerak otot antagonis
B.
Jenis sendi
C.
Mekanisme gerak otot
16. Menjelaskan
sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
A.
Kelainan pada sistem peredaran darah
B.
Sistem peredaran darah ( besar,kecil,porta, limfe)
C.
Karakter komponen darah
17. Menjelaskan
sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
A.
Enzim pencernaan lokasi dan peran
B.
Kelainan pada sistem pencernaan
C.
Uji bahan makanan
18. Menjelaskan
sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya
A.
Mekanisme pernapasan dada/perut
B.
Kelainan pada sistem pernapasan
C.
Organ pernapasan dan perannya
19. Menjelaskan
sistem ekskresi pada manusia/
gangguannya.
A.
Proses terbentuknya urine
B.
Struktur organ ekskresi dan perannya
C.
Kelainan pada sistem ekskresi
20. Menjelaskan
sistem regulasi pada manusia.
A.
Peta kelenjar endokrin dengan produk hormon
B.
Mekanisme gerak reflex/disadari
C.
Sistem saraf pusat dan peeannya.
21. Menjelaskan
sistem indera pada manusia.
A.
Struktur indera(mata,telinga,lidah)
B.
Mekanisme bunyi
C.
Saraf pada kulit dengan perannya
22. Menjelaskan
sistem reproduksi manusia.
A.
Mekanisme menstruasi
B.
Sruktur organ laki-laki dan perempuan dan perannya
C.
Pregnansi/kehamilan
23.
Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan
dan perkembangan tumbuhan.
A.
Data percobaaan (grafik)dan analisisnya
B.
Menentukan variable percobaan
C.
Data percobaaan (tabel)dan analisisnya
24. Menjelaskan
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A.
Faktor eksternal pertumbuhan
B.
Faktor internal (hormone,auksin,sitokinin,giberelin)
C.
Faktor internal (hormone,etilen,asam absisat,traumalin kalin
25. Menjelaskan
ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
A.
Kerja enzim katalase
B.
Ciri-ciri enzim
C.
Mekanisme kerja enzim
26. Menjelaskan
proses metabolisme karbohidrat.
A.
Tahap glikolisis (substrat,tempat, hasil)
B.
Tahap Siklus krebs (substrat,tempat, hasil)
C.
Mitokondria dan tahap metabolism
27,
Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan
A.
Struktur kloroplas dalam reaksi gelap dan terang
B.
Mekanisme reaksi terang
C.
Mekanisme reaksi gelap
28.
Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
A.
Proses Fermentasi alcohol/asam laktat
B.
Pengertian /proses kemosintesis
C.
Perbandingan fermentasi alcohol dan asam laktat
29. Menentukan
susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
A.
Sruktur DNA
B.
Struktur kromosom
C.
Perbedaan DNA dan RNA
30. Menjabarkan
proses sintesis protein.
A.
Proses sintesis protein
B.
Membaca DNA dan hasil transkripsinya
C.
Membaca DNA dan hasil translasinya
31. Menjelaskan
tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
A.
Tahap Mitosis
B.
Tahap Meiosis
C.
Tahap Gametogenesis manusia/tumbuhan
32.
Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
A.
Pembentukan gamet
B.
Persilangan monohybrid/dihibrid
C.
Hukum I dan II mendel
33.
Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
A.
Interaksi gen
B.
Gen Letal
C.
Pautan dan Pindah silang
34.
Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
A.
Persilangan hemofili dan buta warna(sex linkage)
B.
Membaca peta sislsilah
C.
Persilangan autosom linkage
35.
Mutasi
A. jenis jenis
mutasi
B. Sindroma akibat
mutasi
36.
Evolusi
A. Asal usul
makhluk hidup
B. Teori darwin dan
Lamarck
C. Evolusi Kuda
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar