Kamis, 04 Oktober 2012

CHEK LIST BELAJAR BIOLOGI UNTUK UJIAN NASIONAL SMA 2012


CHEK LIST BELAJAR
Chek list untuk membantu siswa dalam belajar biologi guna menghadapi ujian nasional tingkat SMA, tujuan dari chek list ini agar belajar lebih terprogram dan terarah sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.


Materi Belajar
Terlaksana
Ya
Tidak
Tanggal
Persentase
1. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi
A. Cabang ilmu : objek dan permasalahan
B. Objek biologi (monera-animalia) – Tingkat organisasi kehidupan
C. Pengelompokkan ilmu biologi

2.. Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
A. Ciri kelas protozoa
B. Ciri kelas Algae
C. Ciri kelas Fungi

3. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia.
A. Penyakit-penyakit akibat virus
B. Penyakit-penyakit akibat bakteri
C. Peran menguntungkan bakteri

4. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Aturan penulisan spesies
B. Dasar klasifikasi pada tingkat kingdom/phylum/kelas
C. Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik

5. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Jenis/cara pelestarian dan tujuan
B. Hub. Pelestarian-plasma nutfah
C. Hub. Pelestarian – keseimbangan alam

6. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Ciri filum invertebrate
B. Diketahui filum – ciri kelasnya
C. Contoh – filum/kelas

7. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Siklus hidup invertebrata
B. Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes, annelida)
C. Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)

8. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan
A. Ciri-ciri kelas vertebrata
B. Ciri-ciri paku-lumut
C. Ciri-ciri spermathophyta

9. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
A. Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi) dll
B. Bioma
C. Rantai makanan/jarring-jaring makanan

10. Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
A. Siklus (nitrogen, karbon/oksigen, phosphor, sulfur)
B. Piramida ekologi
C. Karakteristik aliran energy

11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
A. Pencemaran lingkungan (CFC, hujan asam, efek rumah kaca)
B. Eutrofikasi
C. Dampak perubahan lingkungan



12. Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses terjadi pada sel.
A. Komponen Membran sel
B. Proses transport melalui membran
C. Komponen protoplasma

13. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
A. Karakteristik organela – fungsi
B. Gambar organela-fungsi
C. Beda sel hewan dan tumbuhan

14. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
A. Jaringan hewan dengan perannya
B. Jaringan tumbuhan dengan perannya
C. Organ dengan melihat jaringan penyusunnya

15. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
A. Gerak otot antagonis
B. Jenis sendi
C. Mekanisme gerak otot

16. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
A. Kelainan pada sistem peredaran darah
B. Sistem peredaran darah ( besar,kecil,porta, limfe)
C. Karakter komponen darah

17. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
A. Enzim pencernaan lokasi dan peran
B. Kelainan pada sistem pencernaan
C. Uji bahan makanan

18. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya
A. Mekanisme pernapasan dada/perut
B. Kelainan pada sistem pernapasan
C. Organ pernapasan dan perannya

19. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
A. Proses terbentuknya urine
B. Struktur organ ekskresi dan perannya
C. Kelainan pada sistem ekskresi

20. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
A. Peta kelenjar endokrin dengan produk hormon
B. Mekanisme gerak reflex/disadari
C. Sistem saraf pusat dan peeannya.

21. Menjelaskan sistem indera pada manusia.
A. Struktur indera(mata,telinga,lidah)
B. Mekanisme bunyi
C. Saraf pada kulit dengan perannya

22. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
A. Mekanisme menstruasi
B. Sruktur organ laki-laki dan perempuan dan perannya
C. Pregnansi/kehamilan

23. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Data percobaaan (grafik)dan analisisnya
B. Menentukan variable percobaan
C. Data percobaaan (tabel)dan analisisnya



24. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Faktor eksternal pertumbuhan
B. Faktor internal (hormone,auksin,sitokinin,giberelin)
C. Faktor internal (hormone,etilen,asam absisat,traumalin kalin

25. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
A. Kerja enzim katalase
B. Ciri-ciri enzim
C. Mekanisme kerja enzim

26. Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
A. Tahap glikolisis (substrat,tempat, hasil)
B. Tahap Siklus krebs (substrat,tempat, hasil)
C. Mitokondria dan tahap metabolism

27, Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan
A. Struktur kloroplas dalam reaksi gelap dan terang
B. Mekanisme reaksi terang
C. Mekanisme reaksi gelap

28. Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
A. Proses Fermentasi alcohol/asam laktat
B. Pengertian /proses kemosintesis
C. Perbandingan fermentasi alcohol dan asam laktat

29. Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
A. Sruktur DNA
B. Struktur kromosom
C. Perbedaan DNA dan RNA

30. Menjabarkan proses sintesis protein.
A. Proses sintesis protein
B. Membaca DNA dan hasil transkripsinya
C. Membaca DNA dan hasil translasinya

31. Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
A. Tahap Mitosis
B. Tahap Meiosis
C. Tahap Gametogenesis manusia/tumbuhan

32. Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
A. Pembentukan gamet
B. Persilangan monohybrid/dihibrid
C. Hukum I dan II mendel
33. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
A. Interaksi gen
B. Gen Letal
C. Pautan dan Pindah silang

34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
A. Persilangan hemofili dan buta warna(sex linkage)
B. Membaca peta sislsilah
C. Persilangan autosom linkage
35. Mutasi
A. jenis jenis mutasi
B. Sindroma akibat mutasi
36. Evolusi
A. Asal usul makhluk hidup
B. Teori darwin dan Lamarck
C. Evolusi Kuda






Tidak ada komentar:

Posting Komentar