Penyimpangan Semu Hukum Mendel
TIPS MEMAHAMI PENYIMPANGAN SEMU HUKUM MENDEL
1. Berikut ini adalah latihan soal untuk memahami penyimpangan semu hukum mendel. setelah mendapatkan perbandingan fenotip pada keturunan F2, buatlah tabel pada masing masing soal dan hasil F2 nya.
2. pahami hasil perbandingan yang muncul dan cotoh kasusnya!
3. ISIKAN FENOTIP YANG TERBENTUK PADA GENOTIP-FENOTIP BERIKUT:
A-B- : 9 = (fenotip)
A-bb : 3 = (fenotip)
aaB- : 3 = (fenotip)
aabb : 1 = (fenotip)
soal bantuan pemahaman
1. Diketahui C (gen penumbuh bahan mentah
pigmen), c (gen tidak mampu menumbuhkan bahan mentah pigmen), R
(gen penumbuh enzim pigmentasi kulit), dan r (gen tidak mampu
menumbuhkan enzim pigmentasi kulit). Jika disilangkan induk berwarna (CCRR)
dengan tidak berwarna (ccrr), maka akan dihasilkan keturunan 100% berwarna.
Tentukan rasio fenotif F2!
2. Diketahui gen A (ada pigmen antosianin), a (tidak ada pigmen
antosianin), B (air sel bersifat basa), dan b (air sel tidak bersifat basa).
Penyilangan Linaria maroccana berbunga merah (AAbb) dengan
3. Linaria
maroccana berbunga putih (aaBB), menghasilkan 100% generasi (F1)-nya
berbunga ungu. Tentukan rasio fenotif F2-nya?
4. Pada penyilangan gandum berkulit biji hitam (HHkk) dengan
gandum berkulit biji kuning (hhKK), ternyata 100% pada F1 berkulit biji hitam.
Tentukan rasio fenotif F2-nya?
5. Pada tikus, warna bulu yang hitam dikendalikan oleh gen R
dan C bersama-sama, sedangkan rr dan C menyebabkan warna krem. Jika ada gen cc,
tikus itu menjadi albino. Perkawinan antara tikus hitam homozigot (RRCC) dan
tikus albino (rrcc), menghasilkan F1 semua hitam. Tentukan fenotif F2!
6. Pada penyilangan antara gandum berbiji merah (M1M1M2M2)
dan gandum berbiji putih (m1m1m2m2),
dihasilkan F1 semua gandum berbiji merah. Tentukan rasio fenotif F2-nya!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar