Kamis, 04 Oktober 2012

SOAL LATIHAN OLIMPIADE BIOLOGI SINTESIS PROTEIN SMA NEGERI 1 BLITAR


Berilah Tanda S atau B Pada Masing Masing Pernyataan

Sintesis Protein
  1. Dalam penyusunan asam amino satu dengan lainnya, diikat oleh sejenis ikatan ester dengan formasi CONH, dengan mekanisme reaksi kondensasi.
  2. Perbedaan antara asam amino satu dengan asam amino yang lainnya terdapat pada posisi CH3 atau Rantai cabangnya.
  3. Transkripsi pada sintesis protein dapat juga di maknai sebagai suatu mekanisme ekspresi Gen sedangkan Translasi adalah mekanisme ekspresi asam amino
  4. Penulisan pesan dalam pengkodean asam amino dapat dilakukan dengan cara membentuk pita pasangan DNA dengan pita RNA yang baru.
  5. Semua ARN duta yang sedah menyeleseikan tugasnya akan meluruh sesuai dengan waktu paruhnya.
  6. AUG erupakan kode asam amino Metionin yang selalu ada pada ujung awal rantai asam amino
  7. Triptofan adalah jenis asam amino yang dapat dikode lebih dari 1 kodon
  8. Kodon Stop pada proses sintesis protein adalah UAG, UGA, UAA dan masing masing kode triplet tersebut tidak mengkode asam amino.
  9. Degenerasi kode atau Wobble Hypothesis adalah postulat yang dikemukakan oleh crick pada tahun 1966. Dimana. Dalam postulat ini. Crick menyampaikan bahwa urutan basa nitrogen pada kodon yang terpenting kode triplet.
  10. Proses transkripsi terdiri atas 3 tahap berurutan. yaitu inisiasi, elongasi dan terminasi
  11. Dalam peristiwa transkripsi, yang bekerja sebagai enzim adalah ARN Polimerase. Substratnya adalah ribonukleotida dan DNA.
  12. Permulaan reaksi sintesis RNA d dapat dituliskan sebagai berikut :
n(NTP)         ADN               NMPn  + n(PP1)
                        Enzim
      NTP     : Nukleotida Tripospat
      NMP   : Nukleotida Monopospat (dalam rantai nukleotida)
      PP        : Pospat yang dibebaskan
      NTP ada 4 macam. Dan NTP yang dipilih ditentukan oleh nukleotida pada rantai DNA
      Proses ini disebut dengan proses inisiasi
  1. Proses tramskripsi bias dimulai di sembarang titik pada basa nitrogen pada nukleotida DNA
  2. Langkah pertama dimulai ketika holoenzim pada ARN Polimerase menempel pada nukleotida DNA yang disebut dengan promoter yang terletak pada hulu 5’ dari gen yang ditranskrip.
  3. Pada Bacteria ada 2 promoter. Yaitu TATAAT yang terletak pada – 10 sebelum inisiasi dan TTGACA yang terletak – 35 sebelum titik elongasi.
  4. Ribosom subunit besar dan sub unit kecil akan bergabung membentuk monosom
  5. Komponen translasi memerlukan 3 komponen utama, yaitu : ARNd, Ribosom dan ARN t.
  6. Ribosom memiliki sisi Exit, Peptidil dan Asam amino yang berperan dalam proses pembentukan protein.
  7. Terisinya sisi A dengan aminoasilasi ARNt. Maka enzim peptidil transferase akan mengkatalis pembentukan ikatan ester antara asam amino-asam amino yang berada di tempat P.
  8. Masuknya RNAt pada sisi P adalah permulaa dari proses elongasi pada translasi.
  9. TATA box adalah promoter pada Eukaryota merupakan consensus yang lahir dari ditemukannya heptanukleotida dengan komposisi TATA
PERTANYAAN URAIAN
1. DNA sense 3’- GTA GGT TAC GTA TGG ATA CAC CTG ACT CTG TGG-5’
    1. Berapa Jumlah asam amino yang terbentuk dari rantai DNA tersebut
    2. Bagaimana urut urutan asam amino yang dihasilkan


SOAL LATIHAN OLIMPIADE BIOLOGI FOTO SINTESIS SMA N 1 BLITAR


FOTOSINTESIS

  1. Reaksi Anabolisme,dalam mekanismenya melibatkan reaksi reduksi dimana terjadi penambahan jumlah elektron yang berasal dari oksidasi NADPH .
  2. Percobaan yang dilakukan oleh CB Van Niel pada awal tahun 1930 merupakan pembuktian bahwa O2 dalam reaksi foto sintesis berasal dari H2O, dengan melakukan pengamatan dan membandingkan dengan pengamatan pada bakteri sulfur yang menggunakan H2S sebagai sumber nutrisinya.
  3. Kloroplas terdiri atas bagian kantong thylakos yang mengandung pigmen klorofil a dan b, serta pigmen kuning sampai jingga yang disebut dengan karotenoid.
  4. Proses Reaksi pada fotosintesis diawali pada fotosistem II yang efektif menyerap cahaya pada panjang gelombang 680 nm yang menyebabkan adanya fotolisis air dan menyebabkan adanya eksitasi ion Hidrogen dengan elektronnya.
  5. Jika terjadi eliminasi pada warna merah. Maka terjadi gangguan pada proses eksitasi elektron dari fotosistem I dan mengakibatkan terganggunya proses fotolisis air
  6. Pada siklus electron siklik, terjadi pembentukan ATP sebagai akibat dari adanya isogradien konsentrasi elektron yang dibatasi oleh sistem membran pada grana.
  7. NADPH reduktase melakukan proses reaksi reduksi electron terhadap Ferodoksin dan menyebabkan NADP menangkap electron dari reaksi tersebut menjadi NADPH
  8. Fase Fiksasi dimulai dengan adanya penambahan molekul C dari molekul CO2 terhadap RuBP
  9. Untuk menghasilkan 1 molekul Triosa dari 3 molekul CO2 dalam proses Fotosintesis diperlukan ATP sejumlah 6 ATP
  10. Jumlah Elektron yang diperlukan dalam proses pembentukan 1 molekul glukosa berasal dari pemecahan 2 molekul air.
  11. Dalam proses Fotosíntesis, terjadi fase oksidasi dimana terjadi pengurangan jumlah ion Hidrogen pada NADPH dan penambahan Ion Hidrogen pada molekul 1,3 Biphospogliserat.
  12. Penamaan tanaman C3 dan C4 di dasarkan pada jumlah atom C yang melakukan  fiksasi pertama dalam siklus Calvin.
  13. Fiksasi CO2 antara tanaman CAM dan C4 pada dasarnya memiliki kesamaan dengan melibatkan senyawa organik sebagi fiksator CO2. Jika masing masing tanaman C4 dan CAM sama sama diletakan dalam suatu wilayah dengan intensitas cahaya yang Sangat tinggi, maka, Fiksasi CO2 terbanyak dapat dilakukan oleh tanaman C4, karena tanaman C4 efektif menyerap CO2 pada siang hari / intensitas cahaya tinggi.
  14. Jelaskan bagaimana Mekanisme tanaman Tebu yang hidup ditempat dengan intensitas cahaya, suhu tinggi, kadar air rendah dan stomata cenderung menutup untuk meminimalkan penguapan air justru menghasilkan kadar gula tinggi.
  15. Ceritakan dengan bahasamu sendiri bagaimana proses pembentukan Ribulose 1,5 BiPhospat (5 atom C) dapat terbentuk dari molekul Gliseral dehid 3-Phospat yang memiliki 3 atom C.
  16. Suatu kloroplas dengan PH 7 diletakkan dalam sebuah bejana yang berisi cairan dengan PH 4, setelah beberapa lama kloroplas tersebut dipindahkan ke dalam bejana berisi cairan dengan PH 8 dan dapat menghasilkan ATP secara otomatis. Jelaskan megapa hal itu bisa terjadi!

SOAL LATIHAN OLIMPIADE SMA KATABOLISME


Metabolisme – Katabolisme

PILIHLAH BENAR ATAU SALAH PERNYATAAN DI BAWAH INI
  1. Perubahan susunan molekul selalu disertai dengan perubahan energi. Energi yang tersimpan dalam struktur molekul dapat dikeluarkan oleh perubahan kimia dan disebut energi kimia potensial
  2. Katabolisme adalah Reaksi yang mengubah molekul berenergi tinggi menjadi molekul berenergi rendah dan melepaskan energinya
  3. Glikogen adalah karbohidrat yang terbentuk dari glukosa yang mengalami fosforilasi dan bereaksi dengan UTP membentuk UDP-G dan berangkai rangkai membentuk Glikogen.
  4. Mitokondria adalah suatu organel sel yang memiliki membran berlekuk lekuk yang disebut dengan crista dan memiliki carian yang disebut dengan stroma
  5. Fermentasi Alkohol terjadi pada Glukosa karena tidak ada Oksigen dan piruvat akan mengalami Dekarboksilasi menjadi 2 asetaldehid dan selanjutnya mengalami reduksi untuk menghasilkan Alkohol.
  6. Respirasi adalah salah satu contoh reaksi Katabolisme yang melibatkan 3 proses utama yaitu : Glikolisis, Siklus Krebs dan Transfer Elektron.
  7. Jumlah Elektron terbanyak yang dihasilkan dari 1 molekul Glukosa adalah 36 - 38 elektron
  8. CO2 banyak dihasilkan pada reaksi antara dan siklus krebs dengan mekanisme karboksilasi Oksidatif.
  9. Flavin Adenin Dinukleotida akan bekerja spesifik pada mekanisme Oksidasi Oksaloasetat
  10. Dalam prekursor reaksi siklus Krebs, Asetil Ko-A (3C) akan bereaksi dengan asam Oksaloasetat (3C) sehingga membentuk asam sitrat dengan 6 atom C.
  11. Reaksi Transport elektron dapat terjadi dengan mekanisme : 4 H yang dikuti dengan 4 elektron bereaksi dengan 1 molekul O2 sehingga membentuk 1 molekul H2O
  12. semua proses Sintesis ATP dalam reaksi Katabolisme terjadi pada membran dalam mitokondria
  13. Masuknya ion Hidrogen melalui protein carier pada sebuah membran akan mensintesis pembentukan ADP
  14. Fruktose 6-Phospat adalah gugus gula yang mempunyai struktur Pentosa dengan 6 Phospat
  15. 1 molekul FADH akan menghasilkan 3 ATP dengan transfer elektron yang ditangkap oleh koenzim Q.
  16. Isomerase terjadi pada Dihidroksi aseton phospat menjadi Gliseraldehid 1,3-fosfat
  17. Fosforilasi pada G3P akan menghasilkan menguraikan ATP menjadi ADP + P
  18. Oksidasi G3P akan menyebabkan ion H+ terlepas dari molekulnya dan kemudian  ditangkap oleh FAD+.
  19. Piruvat adalah hasil akhir dari proses Glikolisis yang dihasilkan dari fosforilasi Pospoenol Piruvat.
  20. A  +  B                        C + D + Energi.
Diagram reaksi tersebut merupakan contoh dari sebuah reaksi reduksi yang melepaskan elektron dan bersifat eksergonic
  1. Transglukosidase menyebabkan rangkaian pada Glikogen membentuk rantai primer
  2. Perubahan Glukosa menjadi Glukosa Pospat adalah reaksi yang menghasilkan Energi ATP
  3. Reaksi utama pada Katabolisme adalah adanya pembentukan glukosa yang memiliki 6 atom C dari 2 molekul dengan 3 atom C
  4. Dalam Reaksi Embden-Meyerhof hasil bersih dari ATP yang dihasilkan adalah sejumlah 4 ATP
  5. Dalam reaksi respirasi secara anaerob mempunyai bahan Glukosa yang mengalami reaksi Glikolisis, dilanjutkan Reduksi Asam Piruvat dan menghasilkan 36 ATP.

CHEK LIST BELAJAR BIOLOGI UNTUK UJIAN NASIONAL SMA 2012


CHEK LIST BELAJAR
Chek list untuk membantu siswa dalam belajar biologi guna menghadapi ujian nasional tingkat SMA, tujuan dari chek list ini agar belajar lebih terprogram dan terarah sehingga dapat mencapai hasil yang maksimal.


Materi Belajar
Terlaksana
Ya
Tidak
Tanggal
Persentase
1. Menjelaskan objek dan permasalahan Biologi
A. Cabang ilmu : objek dan permasalahan
B. Objek biologi (monera-animalia) – Tingkat organisasi kehidupan
C. Pengelompokkan ilmu biologi

2.. Mengidentifikasi ciri-ciri organisme dari kelompok protista/jamur
A. Ciri kelas protozoa
B. Ciri kelas Algae
C. Ciri kelas Fungi

3. Mengidentifikasi peran virus/Archaebacteria/ Eubacteria bagi kehidupan manusia.
A. Penyakit-penyakit akibat virus
B. Penyakit-penyakit akibat bakteri
C. Peran menguntungkan bakteri

4. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Aturan penulisan spesies
B. Dasar klasifikasi pada tingkat kingdom/phylum/kelas
C. Klasifikasi artifisial/buatan/filogenik

5. Menentukan dasar pengelompokan mahluk hidup
A. Jenis/cara pelestarian dan tujuan
B. Hub. Pelestarian-plasma nutfah
C. Hub. Pelestarian – keseimbangan alam

6. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Ciri filum invertebrate
B. Diketahui filum – ciri kelasnya
C. Contoh – filum/kelas

7. Mengidentifikasi invertebrata berdasarkan ciri-cirinya.
A. Siklus hidup invertebrata
B. Cara reproduksi berbagai filum (coelenterate, platelminthes, nemathelmintes, annelida)
C. Cara reproduksi berbagai filum (Mollusca, arthroppoda, echinoderaamata)

8. Mengidentifikasi ciri-ciri kelompok hewan/tumbuhan
A. Ciri-ciri kelas vertebrata
B. Ciri-ciri paku-lumut
C. Ciri-ciri spermathophyta

9. Menganalisis hubungan antar komponen ekosistem
A. Interaksi makhluk hidup (Netral, kompetisi,simbiosis,predasi) dll
B. Bioma
C. Rantai makanan/jarring-jaring makanan

10. Menjelaskan aliran energi atau daur biogeokimia.
A. Siklus (nitrogen, karbon/oksigen, phosphor, sulfur)
B. Piramida ekologi
C. Karakteristik aliran energy

11. Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan manusia dengan masalah perubahan/pencemaran lingkungan .
A. Pencemaran lingkungan (CFC, hujan asam, efek rumah kaca)
B. Eutrofikasi
C. Dampak perubahan lingkungan



12. Menjelaskan struktur sel/komponen kimiawi sel/ proses terjadi pada sel.
A. Komponen Membran sel
B. Proses transport melalui membran
C. Komponen protoplasma

13. Mengidentifikasi struktur dan fungsi organel sel tumbuhan/hewan.
A. Karakteristik organela – fungsi
B. Gambar organela-fungsi
C. Beda sel hewan dan tumbuhan

14. Mengidentifikasi jaringan tumbuhan/hewan sesuai fungsinya.
A. Jaringan hewan dengan perannya
B. Jaringan tumbuhan dengan perannya
C. Organ dengan melihat jaringan penyusunnya

15. Menjelaskan mekanisme gerak otot dan tulang/ sendi pada manusia.
A. Gerak otot antagonis
B. Jenis sendi
C. Mekanisme gerak otot

16. Menjelaskan sistem peredaran darah pada manusia/gangguannya
A. Kelainan pada sistem peredaran darah
B. Sistem peredaran darah ( besar,kecil,porta, limfe)
C. Karakter komponen darah

17. Menjelaskan sistem pencernaan makanan pada manusia/gangguannya.
A. Enzim pencernaan lokasi dan peran
B. Kelainan pada sistem pencernaan
C. Uji bahan makanan

18. Menjelaskan sistem pernapasan pada manusia/ gangguannya
A. Mekanisme pernapasan dada/perut
B. Kelainan pada sistem pernapasan
C. Organ pernapasan dan perannya

19. Menjelaskan sistem ekskresi pada manusia/ gangguannya.
A. Proses terbentuknya urine
B. Struktur organ ekskresi dan perannya
C. Kelainan pada sistem ekskresi

20. Menjelaskan sistem regulasi pada manusia.
A. Peta kelenjar endokrin dengan produk hormon
B. Mekanisme gerak reflex/disadari
C. Sistem saraf pusat dan peeannya.

21. Menjelaskan sistem indera pada manusia.
A. Struktur indera(mata,telinga,lidah)
B. Mekanisme bunyi
C. Saraf pada kulit dengan perannya

22. Menjelaskan sistem reproduksi manusia.
A. Mekanisme menstruasi
B. Sruktur organ laki-laki dan perempuan dan perannya
C. Pregnansi/kehamilan

23. Menginterpretasi hasil percobaan pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Data percobaaan (grafik)dan analisisnya
B. Menentukan variable percobaan
C. Data percobaaan (tabel)dan analisisnya



24. Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan.
A. Faktor eksternal pertumbuhan
B. Faktor internal (hormone,auksin,sitokinin,giberelin)
C. Faktor internal (hormone,etilen,asam absisat,traumalin kalin

25. Menjelaskan ciri-ciri/cara kerja enzim dalam proses metabolisme tubuh.
A. Kerja enzim katalase
B. Ciri-ciri enzim
C. Mekanisme kerja enzim

26. Menjelaskan proses metabolisme karbohidrat.
A. Tahap glikolisis (substrat,tempat, hasil)
B. Tahap Siklus krebs (substrat,tempat, hasil)
C. Mitokondria dan tahap metabolism

27, Menjelaskan tahapan proses fotosintesis pada tumbuhan
A. Struktur kloroplas dalam reaksi gelap dan terang
B. Mekanisme reaksi terang
C. Mekanisme reaksi gelap

28. Menjelaskan proses kemosintesis (respirasi anaerob).
A. Proses Fermentasi alcohol/asam laktat
B. Pengertian /proses kemosintesis
C. Perbandingan fermentasi alcohol dan asam laktat

29. Menentukan susunan nukleotida DNA, RNA, atau kromosom.
A. Sruktur DNA
B. Struktur kromosom
C. Perbedaan DNA dan RNA

30. Menjabarkan proses sintesis protein.
A. Proses sintesis protein
B. Membaca DNA dan hasil transkripsinya
C. Membaca DNA dan hasil translasinya

31. Menjelaskan tahap-tahap pembelahan mitosis/meiosis/gametogenesis
A. Tahap Mitosis
B. Tahap Meiosis
C. Tahap Gametogenesis manusia/tumbuhan

32. Menginterpretasikan persilangan dengan hukum Mendel.
A. Pembentukan gamet
B. Persilangan monohybrid/dihibrid
C. Hukum I dan II mendel
33. Menginterpretasi persilangan pada penyimpangan semu hukum Mendel.
A. Interaksi gen
B. Gen Letal
C. Pautan dan Pindah silang

34. Mengidentifikasi pewarisan cacat/penyakit menurun pada manusia.
A. Persilangan hemofili dan buta warna(sex linkage)
B. Membaca peta sislsilah
C. Persilangan autosom linkage
35. Mutasi
A. jenis jenis mutasi
B. Sindroma akibat mutasi
36. Evolusi
A. Asal usul makhluk hidup
B. Teori darwin dan Lamarck
C. Evolusi Kuda